Senin, 28 Maret 2011

Menu Diet untuk Penderita Hipertensi

    Pengaturan menu bagi penderita hipertensi dapat dilakukan dengan empat cara. Cara pertama yaitu dengan diet garam rendah yang terbagi menjadi diet garam rendah I (200-400 mg Na), diet garam rendah II (600-800 mg Na), dan diet garam rendah III (1000-1200 mg Na). Tingkatan diet garam rendah tersebut dapat diberikan sesuai dengan keadaan penyakit. Menu yang disajikan pada diet ini tidak jauh berbeda dengan menu sehari-hari, namun dalam pengolahannya tidak menggunakan garam dapur, baking powder/soda, atau ikatan natrium lainnya. Contoh menu diet garam rendah disajikan pada tabel berikut:
Pagi
Siang
Malam
Selingan
Nasi
Nasi
Nasi
Bubur kacang hijau
Opor ayam
Ikan acar kuning
Daging pesmol

Bayam bening
Tahu bacem
Tempe kering


Sayur lodeh
Cah sayuran


Pepaya
Pisang


Cara kedua adalah diet rendah kolesterol dan lemak terbatas. Lemak jenuh adalah penentu utama peningkatan kadar kolesterol, sehingga dianjurkan untuk menurunkan asupan lemak jenuh < 10% asupan total energi dengan membatasi asupan makanan kaya asam lemak jenuh (susu tinggi lemak dan produknya, daging berlemak serta minyak kelapa). Disamping itu juga harus menurunkan konsumsi bahan makanan tinggi kolesterol, walaupun bahan makanan tersebut rendah sumber asam lemak jenuh. Kolesterol dalam makanan dapat juga meningkatkan kadar kolesterol LDL, walaupun tidak sebanyak lemak jenuh. Kebanyakan makanan tinggi lemak jenuh juga merupakan sumber kolesterol, sehingga mengurangi komsumsi makanan ini akan memberikan keuntungan lebih yaitu pembatasan asupan kolesterol. Makanan kaya kolesterol tetapi rendah asam lemak jenuh  antara lain kuning telur.
Cara ketiga adalah diet tinggi serat. Dari berbagai penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan penggunaan serat untuk setiap gram dapat menurunkan kolesterol LDL rata-rata 2,2 mg/dl. Bahan makanan yang dianjurkan untuk diet ini antara lain beras tumbuk/merah, roti whole wheat, kacang-kacangan dan olahannya, sayuran, dan buah-buahan. Contoh menu diet tinggi serat disajikan pada tabel berikut:
Pagi
Siang
Malam
Selingan
Nasi
Nasi
Nasi
Bubur kacang hijau
Ayam bumbu kunyit
Semur daging
Ikan bakar
Setup Nenas
Setup wortel buncis
Opor tempe
Tahu goreng


Sayur asam
Sayur lodeh


Jeruk
Apel


Cara keempat adalah dengan diet energi rendah. Diet ini lebih ditujukan pada penderita hipertensi yang mengalami kelebihan berat badan. Diet ini membatasi makanan padat energi, seperti kue-kue yang banyak mengandung karbohidrat sederhana dan lemak, serta goreng-gorengan. Contoh menu diet energi rendah disajikan pada tabel berikut:
Pagi
Siang
Malam
Selingan
Roti bakar
Nasi
Kentang panggang
Apel
Bola-bola daging
Pepes ikan mas
Semur ayam
Susu skim
Jus wortel pepaya
Tumis tempe
Tim tahu


Sayur asam
Setup brokoli wortel


Jambu biji
Mangga

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar